Tuesday 31 July 2007

Lauk Pauk Nabi shallallahu `alaihi wasallam (bag.2)

Dari `Aisyah radhiallahu `anha, ia berkata, "Nabi shallallahu `alaihi wasallam menyukai manisan dan madu" (shahih)

Dari Umar bin Khattab radhiallahu `anhu, ia berkata, "Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam bersabda, "Makanlah zaitun dan gunakan pula sebagai minyak rambut. Karena minyak itu berasal dari pohon yang penuh berkah" " (shahih)


Dari Abu Ubaid radhiallahu `anhu, ia berkata, "Suatu hari aku memasak untuk Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam. Beliau amat menyukai daging lengan. Aku pun menyodorkan daging itu kepada beliau. Beliau berkata, "Berikan lagi sepotong lengan". Kemudian beliau meminta lagi, "Berikan lagi sepotong lengan". Lalu aku bertanya, "Wahai Rasulullah, memangnya kambing mempunyai berapa lengan?" Beliau menjawab, "Demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya. Andai saja engkau diam, tentu engkau bisa memberikan kepadaku daging lengan itu terus menerus selagi aku memintanya" " (shahih)


Dari Ummu Hani, ia berkata, "Nabi shallallahu `alaihi wasallam pernah menemuiku dan bertanya, "Apakah engkau memiliki sesuatu untuk dimakan?" Aku menjawab, "Tidak, hanya roti kering dan cuka". Beliau bersabda, "Berikanlah, rumah tidak dikatakan kosong dari lauk pauk selama masih ada cuka"." (hasan)

5 comments: