Thursday 12 November 2009

PSIH 4: Mengamalkan Hadis Dhaif?

Pengantar Studi Ilmu Hadis 4

Hadis dhaif pada dasarnya adalah tertolak dan tidak boleh diamalkan, bila dibandingkan dengan hadis shahih dan hadis hasan. Namun para ulama melakukan pengkajian terhadap kemungkinan dipakai dan diamalkannya hadis dhaif (yang tidak parah kedhaifannya), sehingga terjadi perbedaan pendapat di antara mereka:

1. Para ulama muhaqqiq berpendapat bahwa hadis dhaif tidak boleh diamalkan sama sekali, baik berkaitan dengan masalah akidah atau hukum-hukum fikih, targhib dan tarhib maupun dalam fadha'ilul a'mal (keutamaan amal). Inilah pendapat imam-imam besar hadis seperti Yahya bin Ma'in, Bukhari, Muslim. Pendapat ini juga diikuti oleh Ibnul 'Arabi ulama fikih dari mazhab Malikiyah, Abu Syamah al-Maqdisi ulama dari mazhab Syafi'iyah, dan Ibnu Hazm.

2. Pendapat kebanyakan ahli fikih membolehkan untuk mengamalkan dan memakai hadis dhaif secara mutlak jika tidak didapatkan hadis lain dalam permasalahan yang sama. Dikutip dari pendapat Abu Hanifah, asy-Syafi'i, dan Malik. Ibnu Qayyim tampaknya juga termasuk yang memiliki kecenderungan pada kelompok ini*.

3. Sebagian ulama membolehkan mengamalkan dan memakai hadis dhaif dengan catatan sebagai berikut: khusus dalam targhib dan tarhib (motivasi beramal dan ancaman bermaksiat) dan fadhilah 'amal. Sedangkan untuk masalah akidah dan hukum halal serta haram, mereka tidak membolehkannya.

Ulama yang mempergunakan hadis dhaif dalam fadhilah amal, mensyaratkan hal-hal sebagai berikut
a. kelemahan hadisnya tidak seberapa.
b. apa yang ditunjukkan hadis itu memiliki dasar lain yang shahih.
c. jangan diyakini kala menggunakannya bahwa hadis itu benar dari Nabi.

Wallahu a'lam


[Diringkas dari "Pengantar Studi Ilmu Hadis", Manna Khalil al-Qaththan, Pustaka al-Kautsar]





----------------------------------------------------
*
"Beliau selalu bersandar kepada dasar-dasar madzhab Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah yang tidak pernah mendahului alQuran dan Hadits shahih. Jika didapatkan hadits shahih dalam hal apa pun, maka beliau tidak mendahuluinya. Jika tidak mendapatkannya kecuali hadits dhaif, tetapi tidak ada yang menentangnya, maka beliau mengamalkan hadits tersebut, tapi jika ada yang menentangnya dan ia lebih kuat, maka beliau tinggalkan hadits dhaif tersebut. Jika dalam suatu masalah beliau mendapatkan hadits dhaif dan qiyas, maka yang didahulukan adalah hadits dhaif. Jika dalam suatu masalah tidak didapatkan satu hadits pun, beliau mengambil aqwal (pendapat) sahabat. Jika pendapat-pendapat itu saling bertentangan, beliau memilih yang lebih rajih (kuat) dan tidak sedikit pun keluar dari pendapat mereka. Jika dalam suatu masalah terdapat 2 riwayat (pendapat) atau lebih, maka beliau mengikuti ushul madzhab Hanbali...."


[Al-Fikrut Tarbawy 'Inda Ibni Qayyim
Dr. Hasan bin Ali Hasan al-Hijazy
Manhaj Tarbiyah Ibnu Qayyim, Pustaka al-Kautsar 2001
Disertasi bidang Tarbiyah Islamiyah Univ Imam Muhammad bin Su'ud
Yudicium Summa Cumlaude with Honour (Mumtaz Ma'a Asy-Syarof Al-Ula bi Ath-Thab')]

No comments:

Post a Comment