Thursday, 18 April 2013

Resep Unagi Kabayaki yang HALAL :)

Bagi yang hobi masakan Jepang pasti tahu dong Unagi Kabayaki itu apa. Unagi Kabayaki adalah ikan sidat (sejenis belut) yang dipanggang dan diberi saus khusus ("tare").

Dan bagi yang hobi masak Jepang mungkin juga tahu kalau default pembuatan tare (lebih khusus lagi dalam hal Unagi Kabayaki) memakai "mirin" dan "sake". Nah, mirin dan sake ini kan termasuk kategori minuman keras beralkohol, jadi bagi kita yang muslim memang seharusnya dihindari.

Terus gimana dong klo kita pengen banget ngerasain Unagi Kabayaki? Jangan khawatir, ternyata orang Jepang sendiri punya trik mengakali mirin dan sake.

Seperti pernah saya tonton di sebuah acara masak di TV Jepang, ternyata mirin bisa digantikan oleh minuman bersoda (klo di TV Jepang disebutkan yang merk Mitsuya Cider, sejenis 7up kali ya klo di Indonesia). Lebih jauh lagi, ternyata minuman bersoda sperti Mitsuya Cider tidak hanya bisa menggantikan mirin, tapi juga sake. Yang penting diketahui, rasa minuman bersoda tersebut tidak akan tertinggal di hasil akhir masakan kita (rasanya menguap kali ya..). Referensinya di sana; http://cookpad.com/recipe/798446.

Memang di situ disebutkan Mitsuya Cider dipakai sbg pengganti mirin dan sake dalam masakan Chicken Teriyaki. Tapi kalau di Chicken Teriyaki mirin dan sake bisa diganti minuman bersoda, tentu hal yang sama juga bisa di masakan lain dong. Ohya di link tersebut juga dimuat sekitar 127 resep masakan Jepang yang memakai minuman bersoda (Mitsuya Cider) sebagai pengganti mirin dan atau sake !

Ok, sekarang kita mulai masak aja deh Unagi Kabayaki-nya (jangan heran klo terlalu sederhana ya :D.

Bahan2:

1. Unagi (ikan sidat) mentah yang sudah dibersihkan dan dibelah (bisa juga pakai Shirayaki Unagi -ikan sidat yang sudah dibakar tapi belum dibumbui))
2. Minuman bersoda (saya pernah pakai 7up dan Big Cola rasa Cola, perasaan ga beda rasa akhirnya)
3. Kecap asin (saya pakai Indofood special dengan kacang kedelai lebih banyak, tapi kalau mau lebih dekat rasa Jepangnya, mungkin sebaiknya pakai merk Kikkoman yang murni kecap asin).

Cara memasak:

1. Campur minuman bersoda dan kecap asin dengan perbandingan 2:1, aduk rata sambil dipanaskan dalam panci sebentar (silahkan campur gula garam jika dirasa kurang sesuai selera Anda)
2. Potong ikan sidat sesuai keinginan
3. Panggang ikat sidat bagian kulit terlebih dahulu (saya pakai Happy Coal sih)
4. Setelah kedua sisi mulai agak matang, tuangkan tare yang telah dibuat di no.1 sedikit demi sedikit.
5. Teruskan masak hingga matang
6. Siap disantap :)

Tips:
Ikan Sidat buatan lokal kemungkinan dagingnya tidak selembut kualitas Jepang, karena itu perlu penanganan sebelum dimasak agar lebih lembut. Kalo kata orang Jepang di antara caranya sbb;
- Rendam dengan minuman bersoda (eg. Big Cola) selama 10 menit, atau
- Oleskan parutan buah pir selama 15 menit
* pastikan perendaman dilakukan dalam kondisi ikan tidak beku.

Tersebut di atas adalah cara untuk Ikan Sidat mentah. Adapun jika kita membeli dalam bentuk Shirayaki (sudah dibakar tapi belum dibumbui), maka cara melembutkan dagingnya adalah sbb:
- Rebus Shirayaki dalam campuran air dan minuman soda (1:1) dengan api kecil sedang sampai airnya hampir menguap semua (dasar pemikirannya di sini), atau
- Rebus dalam air teh dengan sampai air teh hampir menguap semua (referensinya  di sana)

Selamat menikmati !

#yang mau beli unagi mentah beku atau shirayaki beku bisa kontak saya di 0878 7734 8486 :)







3 comments:

  1. Astagaa...ternyata itu gak halal yaa... Makasih resepnya,, inget terus sama makanan ini, bisa bikin sendiri deeh

    ReplyDelete
  2. Resep unagi nya boleh juga pak. tolong diinfo harga sirayaki dong brapa pak, tks smy. 08129937181

    ReplyDelete
  3. Resep unagi nya boleh juga pak. tolong diinfo harga sirayaki dong brapa pak, tks smy. 08129937181

    ReplyDelete